Senin, 29 Juni 2015

Definisi Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan yakni satu buah cabang ilmu yg usianya relatif tetap jejaka maka tidaklah aneh bila tidak sedikit yg belum mengenal. Istilah lama yg tidak jarang diperlukan ialah ‘administrasi’. Buat memperjelas pengertian manajemen, tampaknya butuh ada penjelasan lain yg lebih bervariasi berkenaan makna manajemen.

Manajemen Pendidikan dalam kamus bahasa Belanda-Indonesia disebutkan bahwa istilah manajemen berasal dari “administratie” yg berarti tata-usaha. Dalam pengertian manajemen tersebut, administrasi menunjuk kepada tugas tulis-menulis di kantor. Pengertian inilah yg menyebabkan timbulnya contoh-contoh keluhan kelambatan manajemen yg telah disinggung, sebab manajemen dibatasi lingkupnya yang merupakan tugas tulis-menulis.

Pengertian lain dari “manajemen” berasal dari bahasa Inggris “administration” sbg “the management of executive affairs”. Bersama batasan pengertian seperti ini sehingga manajemen disinonimkan dgn “management” satu buah pengertian dalam lingkup yg lebih luas (Encyclopedia Americana, 1978, p. 171). Dalam pengertian Manajemen Pendidikan ini, manajemen bukan cuma pengaturan yg terkait bersama tugas tulis-menulis, namun pengaturan dalam arti luas.
Definisi Manajemen Pendidikan


Definisi Manajemen Pendidikan menurut para ahli


Pada waktu ini istilah-istilah yang digunakan dalam menunjuk pekerjaan pelayanan kegiatan adalah manajemen, pengelolaan, pengaturan dan sebagainya, yang didefinisikan oleh berbagai ahli secara bermacam-macam. Beberapa pengertian Manajemen Pendidikan yang kiranya ada manfaatnya disadur maknanya atau hanya dikutip dari sumbernya sebagai berikut.

Menurut Leonard D. White, manajemen yakni segenap proses, rata-rata terdapat kepada seluruhnya group baik business negeri, pemerintah atau swasta, sipil atau militer dengan cara besar-besaran atau dengan cara kecil-kecilan.

Menurut The Liang Gie, manajemen merupakan segenap proses penyelenggaraan dalam tiap-tiap business hubungan kerja sekelompok manusia buat mencapai maksud tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar